Kebaikan Flaxseed

by Hasny on February 13, 2017

Flaxseed. Tahukah anda apa itu flax.seed

Flaxseed adalah salah satu makanan tertua yang dikonsumsi oleh manusia. Banyak orang menganggap ini sebagai salah satu superfood pertama di dunia yang dibudayakan.

Flaxseed atau biji rami, merupakan salah satu jenis makanan sehat yang berupa biji-bijian. Sekilas, flaxseed sangat mirip dengan biji bunga matahari, perbezaanya pada ukurannya. Flaxseed lebih banyak dijumpai di Amerika serta Kanada. Mungkin kerana iklim disana sangat sesuai sehingga flaxseed dapat tumbuh dengan subur. Sekarang ini flaxseed sudah banyak di dapati di asia dengan harga agak mahal.

Flaxseed mempunyai rasa pedas dan aroma yang disukai oleh ramai orang. Alasan lain di balik popularitinya adalah nilai gizi yang memberikan banyak manfaat kesihatan.

Ketiga unsur gizi yang paling penting dari flaxseed adalah asam lemak omega-3, dan lignan. Flaxseed juga mengandung serat larut dan tidak larut bersama dengan vitamin B1, protein, tembaga, mangan, magnesium, fosfor, seng dan selenium.

Flaxseed juga bebas gluten, sehingga merupakan alternatif yang berharga jika anda alergi terhadap gandum atau menderita penyakit celiac.

Kandungan Flaxseed

Omega-3 asam lemak (Omega-3 fatty acid)
Flaxseed adalah sumber makanan alami yang mengandung asam lemak Omega 3 tertinggi di seluruh jenis makanan yang ada di muka bumi ini (15gr = 3gr omega 3) dan hanya perlu sekitar 1-2 sendok makan. Selain itu,kadar Omega 3 dalam flaxseed mengandung sekitar 15 kali lipat Omega 3 dibandingkan dengan ikan salmon, dan tidak berkolesterol karena berasal dari sumber nabati. Jika diteliti ikan salmon masih mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi yang sangat tidak bersahabat dengan penderita asam urat, sedangkan flaxseed sangat rendah kadar lemak jenuhnya dan justru mencegah pembentukan Uric Acids yang menyebabkan asam urat pada persendian. Dari segi harga dan risiko, flaxseed tetap jauh lebih murah daripada ikan salmon. Flaxseed mengandung estrogen yang baik yang berfungsi untuk mencegah perkembangan sel KANSER PAYUDARA.
Lignan
Tidak hanya sampai disitu saja, Flaxseed juga mengandung “Lignan” (ZAT ANTI KANCER) yang lebih aktif 800 kali ganda daripada bawang putih dan mengandung serat 10 kali lipat daripada apel,pisang atau pir (1sdm = 3gr).
Sekitar 42% dari flaxseed adalah minyak, dan lebih dari 70% minyak tersebut adalah lemak polyunsaturated, alias lemak yang sehat. Selain itu, flaxseed juga mengandung 57% asam lemak omega-3 penting, ALA.

 

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari biji rami atau flaxseed ini.

1. Menyehatkan Jantung – Flaxseed kaya lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, termasuk asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga jantung Anda dalam kesehatan yang optimal.

Bukti menunjukkan bahwa orang yang makan diet kaya alpha-linolenic acid (asam lemak omega-3) cenderung sedikit mengalami serangan jantung fatal.

Biji rami juga membantu mengurangi penyakit jantung dan stroke dengan mengurangi penumpukan plak di arteri, dan peradangan yang dikenal dapat meningkatkan pengerasan pembuluh darah.

Anda dapat menyertakan serbuk flaxseed dalam diet Anda untuk jantung sehat.

2. Meringankan Gejala Menopause
Sebuah study tahun 2013 menemukan bahwa biji rami sangat efektif bagi wanita untuk melawan gejala menopause. Lignan dalam biji rami memiliki sifat estrogenik yang dapat membantu mengurangi hot flashes, gangguan suasana hati dan kekeringan vagina.

University of Maryland Medical Center menunjukkan bahwa perempuan yang mengambil 1 sendok makan biji rami 2 atau 3 kali per hari dapat mengobati gejala menopause. Flaxseed bahkan boleh membantu kitaran menstruasi agar teratur dan meningkatkan kesuburan.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat
Asupan rutin dari biji rami dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dari tubuh Anda. Sebuah study tahun 2010 yang diterbitkan di Nutrition Research menemukan bahwa mengkonsumsi 100 mg biji rami setiap hari efektif mengurangi kadar kolesterol darah dan juga menurunkan risiko penyakit hati pada lelaki berkolesterol tinggi.

Beberapa flavonoid yang ditemukan dalam biji rami membantu menurunkan low-density lipoprotein (LDL), atau kolesterol “jahat”, dan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Flaxseed juga mengandung serat larut yang membantu mencegah penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Mengkonsumsi 2 sampai 4 sendok makan biji rami setiap hari dapat membantu menurunkan LDL Anda.

4. Menurunkan Berat Badan
Tiga komponen utama dalam biji rami  yang membantu penurunan berat badan yakni asam lemak essensial omega-3, serat dan lignan. Lemak sehat dan serat membantu menekan nafsu makan Anda dan membantu Anda tetap kenyang dalam waktu yang lama. Biji rami juga memiliki vitamin B, potasium, magnesium dan seng, yang penting dalam penurunan berat badan.

Ketika Anda merasa kelebihan berat badan, konsumsilah serbuk flaxseed daripada biji yang utuh. Taburkan pada salad, sup, yoghurt, smoothies, jus sayur atau campuran.

5. Mengurangi Risiko Kancer
Study yang diterajui oleh American Institute for Cancer Research menunjukkan ada hubungan antara risiko biji rami dan penurunan risiko kancer. Awalnya, ditemukan bahwa biji rami efektif melawan kancer payudara, tapi sekarang studi telah menemukan itu juga bermanfaat dalam memerangi prostat, ovarium dan kancer usus besar.

Tingginya tingkat lignan yang ditemukan dalam biji rami melindungi terhadap kancer payudara dengan menghalangi enzim yang terlibat dalam metabolisme hormon dan bertanggung jawab dalam  pertumbuhan dan penyebaran sel tumor. Biji rami dan minyak biji rami juga tinggi asam alpha-linolenic, asam lemak omega-3 yang bermanfaat terhadap kancer.

Anda boleh menambahkan serbuk flaxseed ke yoghurt atau smoothie. Juga, tambahkan minyak biji rami untuk salad Anda.

(Baca Juga: FLAXLICIOUS KOPIKOKO WITH FLAXEED THE SUPERFOOD

6. Menstabilkan Gula dalam Darah
Asupan harian biji rami dapat meningkatkan kadar gula dalam darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Public Library of Science One menemukan bahwa orang yang mengonsumsi biji rami yang dalam bentuk suplemen lignan selama 12 minggu memiliki penurunan kadar gula darah.

Biji rami juga mengandung alpha-linolenic acid, serta protein dan serat yang penting untuk mengendalikan gula darah tinggi. Mempertahankan tingkat gula darah normal, juga dapat mencegah komplikasi seperti gagal ginjal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda dapat berkonsultasi dengan doktor Anda dan mengambil biji rami bersama dengan obat-obatan untuk mengendalikan diabetes. Terus memantau kadar gula darah Anda untuk menghindari risiko hipoglikemia, atau gula darah rendah.

7. Melancarkan Pencernaan
Flaxseed tinggi serat yang sangat penting bagi sistem pencernaan yang sehat. Asama lemak omega-3 dalam biji rami juga melindungi lapisan saluran pencernaan dan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Plus, biji rami dan minyak biji rami bekerja sebagai pencahar alami dan dapat meringankan sembelit. Namun, ketika mengkonsumsi serbuk flaxseed, pastikan untuk minum air dengan jumlah cukup atau dapat menyebabkan efek samping.

Catatan: Orang yang menderita diare dan gangguan pencernaan kronis, seperti sindrom iritasi usus, penyakit Crohn, atau diverticulitis harus menghindari biji rami karena efek pencahar nya.

8. Membantu Detoksifikasi
Tujuan utama dari detoksifikasi tubuh adalah untuk memastikan racun berbahaya, kolesterol dan produk-produk limbah lainnya diproses oleh hati dan dieliminasi dengan benar. Flaxseed mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat efektif dalam membilas racun dari saluran usus.

Biji rami juga sarat dengan asam lemak esensial, terutama asam lemak omega-3 yang penting bagi banyak fungsi pembersihan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat menggunakan flaxseed  baik serbuk maupun utuh untuk detoksifikasi. Rendam 1 sendok makan biji rami utuh dalam secangkir air semalam. Keesokan paginya, makan baik biji ini. Ulangi setiap hari selama 2 minggu.

9. Mengatasi Masalah Rambut
Flaxseed kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan folikel rambut untuk membuat mereka kuat dan sehat. Vitamin E dalam biji rami memberikan asupan nutrisi pada akar rambut, dan kulit kepala, membantu mengobati kerontokan rambut dan mencegah kebotakan.

10. Menyehatkan Kulit
Lemak sehat dan vitamin B dalam minyak biji rami dan biji rami bermanfaat bagi kulit. Flaxseed dapat membantu mengurangi kekeringan dan kulit yang mengelupas dan meningkatkan gejala jerawat, rosacea, eksim, alergi kulit dan sengatan matahari.

Campur minyak biji rami dengan beberapa tetes minyak esensial dan menggunakannya sebagai pelembab kulit alami. Juga, makan biji rami setiap hari untuk kulit sehat dan tampak lebih muda.

PERINGATAN

– Wanita hamil dan ibu menyusui mungkin harus menghindari flaxseed atau suplemen biji rami.
– Orang yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil biji rami untuk tujuan kesehatan karena dapat meningkatkan risiko perdarahan.
– Mereka yang menderita kancer prostat, trigliserida tinggi, hipotiroidisme, dan kondisi hormon-sensitif juga harus mengkonsumsi biji rami dengan hati-hati.
– Ketika menggunakan biji rami bersama dengan obat diabetes untuk menstabilkan kadar gula darah Anda, pastikan untuk memantau kadar gula darah Anda.
– Ketika mengambil biji rami untuk tujuan kesehatan, pastikan untuk minum banyak air juga.
– Jangan mengambil sejumlah besar biji rami karena dapat menyebabkan obstruksi usus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Previous post:

Next post: